Ganjar Pranowo Unggul di Survei Populi Center Untuk Capres 2024

Ganjar Pranowo Unggul di Survei Populi Center Untuk Capres 2024

JAKARTA – Ganjar Pranowo dalam survei terbarunya masih berada pada urutan pertama sebagai tokoh yang layak menjadi calon presiden (capres) 2024.

Lembaga survey Populi Center merilis, Ganjar Pranowo masih memuncaki tokoh-tokoh lain, seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Meski nama Ganjar berada di urutan pertama. Namun survei tersebut merupakan potensi dukungan. Bukan elektabilitas. Karena itu, angka potensi dukungan masih dapat berkembang lebih lanjut.

Populi Center memulai survey pada 1 sampai dengan 9 Desember 2021 di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Metodenya adalah wawancara telepon terhadap sampel pemilik telpon.

Survei ini memilih responden secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas.  Atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survey tersebut, Populi Center menanyakan kepada masyharakat mengenai tingkat dukungan. Mereka memberi pilihan lima tokoh yang akan maju sebagai calon presiden di 2024. Hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Ganjar Pranowo: 58,3 persen
2. Anies Baswedan: 47,3 persen
3. Prabowo Subianto: 46,6 persen
4. Erick Thohir: 27,5 persen
5. Puan Maharani: 17,5 persen

“Ke 5 nama tokoh itu disebutkan secara terpisah. Sehingga ada kemungkinan setiap responden memilih lebih dari 1 nama,” ujar Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah di Jakarta, Senin (20/12/2021).

 “Mengapa hanya 5 nama saja? Karena mereka sudah populer. Sementara Erick Thohir adalah nama yang akhir-akhir ini mulai muncul. Sedangkan nama Puan Maharani adalah nama yang diperkirakan sebagai elite partai yang akan diusung,” ungkapnya. (jun/fin)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: